Tips Persiapan Praktek Kerja Lapangan (PKL) 2019

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah salah satu lembaga pendidikan di Indonesia yang sederajat dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah/Kejuruan (MA/K). Tahu enggak? SMK cukup berbeda loh teman-teman dengan SMA. Kalau SMA/MA adalah jenjang sekolah yang mempersiapkan  anak didiknya untuk lanjut ke sekolah tingkat Universitas.

Sedangkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ini merupakan sekolah yang mempersiapkan anak didiknya dalam menghadapi dunia usaha/industri (DU/DI) atau dalam artian SMK adalah sekolah yang mempersiapkan siswa-siswinya untuk siap langsung berkerja setelah lulus.


Pada awal masuk ke dalam Sekolah Menengah Kejuruan, teman-teman akan diberikan pilihan jurusan mana yang ingin diambil. Adapun jurusan-jurusan umum yang terdapat di Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia adalah sebagai  berikut:
  • Teknologi Otomotif. Meliputi jurusan, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM), dan Teknik Alat Berat
  • Teknologi Elektronika. Meliputi jurusan, Teknik Kelistrikan (Elektro) dan Teknik Elektronika Audio/Video
  • Teknologi Informasi dan Komunikasi. Meliputi jurusan, Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), dan Multimedia (MM)
  • Bisnis dan Manajemen. Meliputi jurusan, Teknik Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) dan Teknik Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL)
  • Kesehatan. Meliputi jurusan, Teknik Keperawatan dan Teknik Tata Boga
  • Seni, Kerajinan, & Pariwisata. Meliputi jurusan, Teknik Seni Rupa dan Teknik Pariwisata Akomodasi Perhotelan
Dari keenam jurusan tersebut, memiliki pelajaran teori produktif yang berbeda-beda namun untuk pelajaran pengetahuan umum seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Agama, dan lainnya tetaplah sama. Jadi kepada  teman-teman yang baru lulus dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ingin masuk ke Sekolah Kejuruan, diharapkan untuk mengetahui informasi tentang jurusan-jurusan yang ingin dipilih dan jangan sampai setelah di jurusan tersebut teman-teman merasa salah pilih jurusan.

Kemudian mari kita lanjutkan pembahasan tentang persiapan magang, magang, PKL, dan PRAKERIN sudah tidak asing ditelinga kita. Tahukah teman-teman apa itu PRAKERIN? Jika belum tahu mari ikuti pembahasan berikut ini.

PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)

Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) adalah suatu upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah kejuruan untuk mengimplementasikan dan menyinkronkan secara sistematis program keahlian kejuruan yang dipelajari dengan job pada DU/DI. 

Pelaksanaan magang telah di tentukan oleh pihak sekolah dan instansi perusahaan yang akan menerima siswa/siswi yang akan melaksanakan magang dan juga sebagai wujud nyata dari pelaksanaan sistem pendidikan di SMK yaitu Pendidikan Sistem Ganda (PSG).

Pada saat magang diharapkan setiap peserta mampu mengikuti kegiatan kerja serta memahami kegiatan kerja yang dilakukan di dunia Usaha ataupun di dunia Industri agar siswa – siswi tersebut dapat mencapai serta   mendapatkan sesuatu yang baik dan berguna bagi dirinya serta agar siswa – siswi tersebut mampu menunjukan kinerjanya secara maksimal apa yang telah dilakukannya selama berada di dunia Usaha atau dunia Industri sehingga mampu membuat dirinya diperhitungkan di dunia usaha atau dunia industri.

Prakerin ini berupa kegiatan bekerja langsung secara terprogram dalam situasi yang sebenarrnya, untuk mencapai tingkat keahlian dan sikap kerja professional,
prakerin ini dapat dilaksanakan didunia usaha dimana proses bekerja sesungguhnya berlangsung.

Prakerin memberikan dan sekaligus mengajarkan kepada siswa untuk mengetahui bagaimana kehidupan di dunia kerja. disamping ajang uji coba ilmu yang ia pelajari. melalui prakerin siswa diharapkan mampu memahami tentang bagaimana tata dan aturan di dunia usaha/ indstri, dan ketika tamat nantinya ia sudah benar-benar siap bekerja baik secara keilmuan maupun secara kejiwaan dan mental.


LANDASAN HUKUM PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI

Pelaksanaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) didasarkan pada:
  1. Kemendikbud No. 080/V/1993 tentang Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan;
  2. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
  3. Peraturan pemerintah Nomor 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah;
  4. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 2490/U/1992 tentang Sekolah Menengah Kejuruan;
  5. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 323/U/1997 tentang penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda pada Sekolah Menenngah Kejuruan

TUJUAN PELAKSANAAN PRAKERIN

Kegiatan Praktek Kerja Lapangan yang telah dilaksanakan untuk setiap siswa/siswi merupakan program keahlian yang tentunya mempunyai tujuan yang telah direncanakan dan diharapkan dapat dicapai oleh siswa. Adapun tujuan Penyelenggaraan Praktik Kerja Industri adalah sebagai berikut,
  • Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional dengan tingkat pengetahuan, dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja
  • Memperkokoh Link and Match antara dunia pendidikan dan dunia kerja
  • Meningkatkan efisinsi proses pendidikan dan pelatihan-pelatihan tenaga kerja yang berkualitas dan profesional
  • Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian proses pendidikan
  • Membekali siswa  dengan pengalaman-pengalaman yang sebenarnya di dalam dunia kerja, sebagai persiapan guna menyesuaikan diri dengan dunia kerja dan masyarakat
  •  Siswa dapat meningkatkan rasa percaya dirinya, dalam memecahkan berbagai masalah atau kesulitan yang ditemuinya
  • Untuk merealisasikan pengetahuan yang di dapat dari sekolah dengan pekerjaan yang ada di perusahaan.
  • Memperluas pandangan dan wawasan siswa terhadap jenis-jenis pekerjaan yang ada di belakang bersangkutan dan di tempat praktek dengan segala persyaratan. 

MANFAAT PELAKSANAAN PRAKERIN

Pelaksanaan magang ini sangat bermanfaat baik dari sekolah, tempat DU/DI, dan peserta magang itu sendiri. Adapun manfaat dari magan atau pelaksaan praktik kerja lapangan adalah sebagai berikut:
    • Keahlian profesional yang diperoleh dari praktek kerja lapangan, dapat meningkatkan rasa percaya diri, yang selanjutnya akan mendorong untuk meningkatkan keahlian profesional pada tingkat yang lebih tinggi
    • Waktu untuk mencapai keahlian profesional menjadi lebih singkat. Setelah lulus sekolah dengan praktek kerja lapangan, tidak memerlukan lagi waktu latihan lanjutan untuk mencapai tingkat keahlian siap pakai
    • Melatih disiplin, tanggung jawab, inisiatif, kreatif, motivasi kerja, kerjasama, tingkah laku, emosi dan etika dalam bekerja
    • Sekolah berhasil mencapai tujuan pendidikan
    • Dan manfaat bagi perusahaan yakni dapat berkontribusi dengan pihak sekolah dan pemerintah dalam meningkatkan pendidikan di Indonesia umumnya.
    Dokumentasi Brohabir - Pengecekan Kelayakan Fiber Optik (PT. Telkom)

    TIPS PERSIAPAN MAGANG/PRAKERIN

    Saya akan berbagi kepada teman-teman sekalian tentang bagaimana kondisi saya waktu berada di DU/DI. Pertama-tama kenalkan terlebih dahulu, nama saya M. Habir Kartayasa kerap dipanggil Habir, saya mengambil jurusan Teknik Komputer dan Jaringan disalah satu sekolah favorit di daerah saya.

    Pertama-tama saya ingin berbagi pengalaman ketika persiapan magang. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum kita turun kedalam dunia usaha atau industri, antara lain adalah sebagai berikut

    • Melakukan Pendekatan Dengan Guru Pembimbing Kejuruan. Hal ini bermanfaat untuk penguasaan anda terhadap ilmu dan informasi tentang pelaksanaan magang.
    • Menjadi yang Paling Aktif di Kelas Dalam Pelajaran dan Praktik Teori Produktif. Inti dari point ini bukanlah bermaksud untuk mencari muka kepada teman-teman dan guru, tetapi untuk menambah nilai keaktifan kamu dalam prosesi pembelajaran. Tapi jangan Hyper Active dan berlebihan, takutnya orang menilai buruk kepada kita
    • Belajar yang Terjadwal. Hal ini saya lakukan untuk menambah insight saya dalam ilmu produktif dan biasanya saya belajar mulai dari pukul 8 malam hingga 11 malam. Kenapa saya belajar sangat lama? itu sudah dihitung dengan waktu buat kopi, main game, dan gaya letay-letoy, hehehe.
    • Penentuan Waktu Dalam Mencapai Target. Point ini saya lakukan jauh sebelum persiapan magang. Hal-hal yang saya targetkan adalah penguasaan ilmu teori, yang dimana akan saya terapkan ketika masuk pada mata pelajaran tersebut.
    • Menguasai Ilmu dan Skill yang di Pelajari. Ini adalah point wajib yang harus teman-teman terapkan, jangan sampai teman-teman belajar disekolah hanya untuk bermain-main saja. Saya katakan "Mustahil" kepada teman-teman yang mengatakan tidak bisa bila ada kemauan untuk ingin tahu dan belajar. Menguasai ilmu yang dipelajari ini saya katakan penting bagi tempat PKL teman-teman nanti, karena guru pembimbinglah yang menentukan apakah skill teman cocok dengan tempat PKL tersebut.
    • Berpenampilan Baik. Adalah faktor utama dari penilaian terhadap siswa, kenapa? Guru saya berkali-kali mengatakan bahwa "Percuma punya skill dan ilmu pengetahuan yang baik tanpa dilandasi dengan akhlaqul karimah". Ada benarnya bukan? Bahwa percyma saja jika kamu memang memiliki wawasan yang tinggi tapi tidak dibarengi dengan penampilan yang rapi, gaya bicara yang sopan, dan bersosialisasi dengan baik.
    Dari beberapa tips persiapan diatas tidaklah mencakup semua aspek persiapan yang lengkap dan matang. Tentunya dari guru pembimbing kamulah yang sangat berperan didalam persiapan kamu menghadapi pelaksanaan praktik kerja industri.

    Tetapi jangan hanya terpaku pada guru pembimbingmu saja, cari kakak kelas sobat yang pernah mengikuti pelaksanaan prakerin ini. Tanyakan kepada kakak kelas teman-teman, bagaimana proses waktu pelaksanaan tersebut dan apa saja sih yang perlu dipersiapkan.

    "lakukanlah yang terbaik untuk menggapai segala keinginan kamu, jangan teman-teman mudah tergoda untuk tidak belajar dengan hanya terus-terusan bermain game saja. Pada saat proses maganglah dimana saat itu kamu akan berhadapan dengan dunia usaha maupun industri dan pada saat itu juga kamu akan ditempa untuk dapat menguasai keahlian hingga ke tingkat tertentu"

    Sekianlah dari artikel tentang Persiapan Prakerin SMK ini, mohon maaf bila terjadi salah kata dan maksud. Jika ada pertanyaan tentang artikel ini, silahkan teman-teman komentar dibawah ini. Dan bila ada pertanyaan yang lebih personal, dan ingin tahu lebih bagaimana saya pada waktu magang, silahkan hubungi saya di halaman kontak (lihat di Menu > Informasi)

    Salam Brother!

    9 Komentar untuk "Tips Persiapan Praktek Kerja Lapangan (PKL) 2019"

    1. Enak ya sekolah di SMK bisa pilih jurusan yg diminati, dapat skill yg bagus dan lulus bisa langsung kerja atau kalau mau lanjut kuliah pun bisa....kalau ada mesin waktu saya mau ah kembali ke masa lalu dan masuk SMK hehehe

      BalasHapus
      Balasan
      1. Saya awalnya nggk mau masuk sekolah kejuruan,.. Trus saya ditolak disekolah negeri, akhirnya ke SMK jua. Tapi, di SMKlah saya mnemukan bakat saya ..

        Hapus
      2. dari awalnya tidak mau, malah jadi menikmatinya ya bro? SMK memang menurut saya bagus, skill di latih, dan bisa mauk kuliah juga kalau jaman sekarang. gk beda sama SMA

        Hapus
      3. Iya Brokotanopan, saya waktu SMP adalah salah satu anak yang bandel sebenarnya.. Saya sering belid (kabur) ke warnet untuk main game.

        Setelah sekian lama di SMK, ternyata ya nggk percuma-cuma amat :D hihihi... dari situ saya udah ngebiasakan diri untuk dapat berinteraksi dengan teknologi walaupun hanya sekedar bermain.

        Sehingga, waktu SMK.. Bidang IT adalah minat saya.
        Dan terlebih lagi Alhamdulillah, saya baru lulus di SMK dengan mendapatkan peringkat 1 Umum.

        Hapus
      4. iya, kalau memang udah ada minat pastinya akan lebih semangat dalam mendalami ilmunya, ibaratnya udah terlanjur cinta pokokny, hahaha

        Hapus
    2. biar nggak lupa dan selalu ingat update terbaru di blog sobat, ijinkan saya untuk follow blog sobat ;)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Tag by BroHabir - ★★★★★

        Alhamdulillah, Follower pertama saya.
        Terimakasih Banyak Sobat BroZunif, saya akan berusaha sebaik mungkin untuk dapat update dengan artikel yang berkualitas baik tentunya!

        Hapus
    3. Berhubung saya bukan mahasiswa lagi, jd cuma bisa nyimak aja. Lengkap juga penjelasanya, sangat bermanfaat buat mahasiswa yang mau PKL

      BalasHapus
      Balasan
      1. Sebenarnya artikel ini saya khususkan buat adek-adek kelas saya (Pelajar) yang sebentar lagi akan melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL)..

        Setelah beberapa lama, ada teman saya nyasar ke blog ini.. trus ngebaca juga, eh rupanya artikel ini jugacocok untuk diterapkan pada Mahasiswa.


        Thank you for visiting Brohabir Blog, still enjoy my latest article offerings!

        Hapus

    "Sebaik-baiknya netizen, ia yang memiliki adab berkomentar"

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel