Contoh Proposal FORTASI 2019 | Ikatan Pelajar Muhammadiyah

Bismillahirrahmanirrahim, Assalamu'alaikum Warrahmatullah Wabarakatuh. 
Innalhamdalillah, nahmaduhu wanasta'inuhu, wanastaghfiruhu, wana'udzubillahi min syurruri 'anfusina, waminsayyi'ati a'malina mayyah dihillahu falaa mudhillalah, wamayyudhil falaa hadiyallah. Assyhadu alla illaha Illallah, wa assyhadu 'anna Muhammaddan 'abduhu Rasulullah. Rodhitubillahi robba, wabil Islamidina, wabil Muhammadinnabiyyi warasula.

Alhamdulillahi rabbil 'alamin, rasa syukur patut kita pujikan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan anugrah-Nya, sehingga diparuh waktu kesibukan berkunjung dikediaman keluarga untuk bersilaturahmi idul fitri ini saya dapat mempublikasikan kembali artikel contoh proposal kegiatan FORTASI (Forum Ta'aruf Orientasi) Ikatan Pelajar Muhammadiyah.

Sebentar lagi kita akan memasuki tahun pelajaran baru, yang dimana sekolah-sekolah juga akan menerima peserta didik baru. Sekolah-sekolah di Indonesia pada umumnya memiliki beragam cara untuk mengenalkan lingkungan sekolahnya dengan kegiatan yang kita kenal sebagai "Masa Orientasi Siswa (MOS)" dan "Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS)" yang dibina oleh Guru-guru dan Kakak-kakak OSIS.

Berbeda dengan sekolah-sekolah di Muhammadiyah yang dimana basis masa pelajarnya dengan Organisasi yang bernama Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM). Disekolah-sekolah Muhammadiyah juga memiliki cara yang kurang lebih sama dengan kegiatan-kegiatan disekolah Negeri. Hanya saja, kegiatan pengenalan tersebut bernamakan "FORTASI" yang merupakan akronim dari "Forum Ta'aruf Orientasi" dan lebih menekankan pada aspek ideologi, ke-Muhammadiyahan, ke-IPM-an, ke-Ilmuan, serta Wawasan dan Skill (SMK).

Masa depan IPM ada ditangan mereka yang saat ini sedang menyusun Strategi dan Aksi nyata Pelajar Berkemajuan Muhammadiyah!
~ BroHabir࿐

CONTOH PROPOSAL FORTASI IPM 2019


Pada masa-masa seperti ini, banyak Kader-kader IPM yang sudah mulai merancang kegiatan tersebut. Mulai dari perancangan proposal, materi-materi yang akan disampaikan, dan rundown kegiatan. Namun beberapa dari teman-teman mungkin masih membutuhkan panduan untuk merancang kegiatan tersebut.

Oleh karena itu, Berikut ini saya paparkan, bagaimana cara membuat proposal FORTASI IPM dengan mengikuti panduan www.ipm.or.id/ Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PP IPM) tahun 2019.

 DOWNLOAD 

CONTOH PROPOSAL:

1. MEMBUAT COVER PROPOSAL





2. LATAR BELAKANG
Forum Ta’aruf Orientasi (FORTASI) pelajar Muhammadiyah adalah rangkaian kegiatan yang terprogram secara sistematis untuk menumbuh dan mengembangkan keberagamaan minat dan potensi pelajar, serta merangsang kesadaran untuk menjadi pelajar yang menciptakan dan menghadirkan karya kreatif dan kepekaan sosialnya ketika memasuki sekolah Muhammadiyah dan turut serta dan terlibat dalam kegiatan dan aktivitas-aktifitas yang pengembangan diri di sekolah.

Memasuki tahun ajaran baru, SMP Muhammadiyah "x" akan kedatangan Siswa-siswi baru dengan beragam karakter. Kegiatan FORTASI ini harus menjadi program yang senantiasa harus dilakukan oleh PR IPM SMP Muhammadiyah "x". Karena pada masa-masa seperti inilah, kader IPM SMP Muhammadiyah "x" akan menunjukkan dirinya sebagai salah kader yang memberi bukti bahwa IPM adalah suatu wadah terbaik bagi pelajar untuk melatih dan mencetak kader yang militan, inspiratif dalam berkolaboratif dan pelajar Muhammadiyah yang berkemajuan dari berbagai segi aspek kehidupan pelajar yang bermoral.

Oleh karena itu dengan di adakannya kegiatan FORTASI ini, PR IPM SMP Muhammadiyah "x" akan terus melahirkan kader-kader terbaik Muhammadiyah dan diharap dapat menjadi seorang Leader bagi kehidupan seluruh Rakyat bangsa Indonesia.


3. NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini bernamakan FORTASI yang merupakan akronim dari "Forum Ta'aruf Orientasi" Tahun Pelajaran 2018-2019.


4. TUJUAN KEGIATAN
A. Munculnya campaign (kegiatan) perduli lingkungan melalui Media Sosial
B. Munculnya relawan-relawan dari kalangan pelajar yang perlu terhadap lingkungan, baik itu lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan lingkungan sosial kemasyarakatan
C. Terbentuknya rasa kepedulian untuk berkolaborasi dan berdaya tanpa membedakan kelas sosial
D. Memanfaatkan teknologi dan tren masyarakat dalam memberdayakan ekonomi pelajar
E. Menciptakan agen-agen pelajar sehat yang akan menjadi aktor (pemain) dalam kegiatan dan akgi gerakan pelajar sehat

Tema FORTASI PR IPM SMP Muhammadiyah "x" Tahun Pelajaran 2018-2019 adalah, "Spirit Kolaboratif Ciptakan Pelajar Inovatif"


6. LANDASAN KEGIATAN
a. Anggaran Dasar IPM Bab III Pasal 6-7 tentang maksud, tujuan, dan usaha
b. Anggaran Rumah Tangga IPM Bab VII Pasal 20 tentang PR IPM
c. Surat Intruksi PP IPM Nomor : 002-INS/A.1/PP IPM-176/2019, tentang pelaksanaan FORTASI
d. Rapat Kerja PR IPM SMP Muhammadiyah "x" tanggal "x-x-x"


7. PESERTA
Peserta FORTASI adalah seluruh peserta didik baru yang memasuki SMP Muhammadiyah "x"


8. PANITIA
Panitia penyelenggara FORTASI ini adalah PR IPM SMP Muhammadiyah "x" adapun nama-namanya sebagai berikut,

- Ketua Panitia
- Sekretaris Panitia
- Bendahara Panitia
- Ketum PR IPM SMP Muhammadiyah "x"
- Seksi Perlengkapan
- Seksi Acara
- Anggota PR IPM SMP Muhammadiyah "x"



9. MATERI
Pengenalan dasar IPM, Kedekatan ukhuwah Islamiyah, menggali minat dan bakat pelajar terdiri dari :

A. IDEOLOGIS
- Al-Islam
- Al-Qur'an dan Al-Hadits (Agama Islam Rahmatan Lil 'Alamin)
- Fiqih Ibadah (Thaharoh Whudu dan Tayamum).

B. KE-MUHAMMADIYAH-AN
- Sejarah Muhammadiyah
- Maksud dan tujuan
- Mengenal Amal Usahanya
- Tokoh dan perannya
- Mengenal Ortom.

C. KE-IPM-AN
- Mengenal IPM
- Mengenal PR IPM SMP Muhammadiyah "x"
- Makna dan lambang IPM
- Agenda aksi IPM

D. KE-ILMUAN
- Motivasi belajar
- Shiroh Nabawwiyah
- Tauhid
- Pergaulan pelajar dengan orang-tua, guru, dan masyarakat.

E. WAWASAN DAN SKILL
- Mengenal lingkungan SMP Muhammadiyah "x"
- Fenomena Pelajar saat ini
- Ice Breaking (Permainan berfaedah)

 LIHAT JUGA 

10. ESTIMASI BIAYA
1. Spanduk
2. Air Mineral Pemateri
3. Air Mineral Panitia
4. Dan pengeluaran lainnya

CATATAN :
Lakukan musyawarah bersama panitia dan Wakka kesiswaan untuk pengeluaran dana yang dibutuhkan


11. WAKTU DAN TEMPAT
Waktu : Jam(x)-(x)
Hari/Tanggal : hari(x)-(x) / tanggal(x)-(x) 2019
Tempat : SMP Muhammadiyah "x"


12. KONSEP DAN MENU KEGIATAN

A. Student Earth Generation (SEG)
1. Gerakan “Bye” Plastik
Gerakan “Bye” Plastik adalah bagian dari kampanye lingkungan dengan mengurangi penggunaan plastik dan sampah plastik. Dalam gerakan “Bye” plastik ini peserta diwajibkan membawa tempat minum sendiri selama kegiatan FORTASI. Selain itu Pimpinan Ranting IPM juga melakukan kampanye cinta lingkungan dan penghijauan ba berupa poster, yel-yel dan lain-lain

2. One Student One Three
Sebagai salah usaha penyelamatan lingkungan yaitu penghijauan, untuk mendorong usaha tersebut maka perlu aksi kolektif berupa one student one three atau satu pelajar satu pohon. Aksi ini akan dianjutkan dengan pembuatan taman sekolah, bisa berupa pekarangan yang disediakan ataupun berupa vertical garden jika sekolah tidak memiliki lahan yang luas.

3. Lomba Pembuatan Tempat Sampah Sesuai Jenis Sampah
Sampah menjadi problem lingkungan yang masih menimbulkan banyak dampak negative. Salah satu usaha menguranginya adalah dengan aksi 3 R (reduc, reuse, recycle), aksi 3 R akan lebih muda dilakukan dengan mengklasifikan sampah. Namun, tempat sampah yang disediakan sesuai jeenis sampah dan kebiasaan membuang sampah sesuai jenisnya belum massif di masyarakat salah satunya sekolah. Untuk itu penyediaan tempat sampah sesuai jenisnya perlu didorong salah satunya dengan lomba pembuatan tempat sampah sesuai jenisnya. Kemudian ditindaklanjuti dengan kampanye membuang sampah sesuai jenisnya.

B. Campaign Inklusi
1. Pendidikan inklusi
Pada realitanya pelajar di seluruh Indonesia cenderung berprilaku yang kurang baik terhadap anak-anak berkebutuhan khusus. Sehingga berdampak kepada anak berkebutuhan khusus tersebut tidak dapat dipungkiri bahwa tanpa disadari itu membuat mental anak tersebut menjadi cenderung putus asa. Adapun hal itu perlunya membangun kesadaran kepada pelajar muhammadiyah untuk merangkul dan memberi perlakuan istimewa kepada berkebutuhan khusus. Untuk itu peserta fortasi diwajibkan membuat semacam campaign yang berupa tulisan, video, himbauan, poster, spanduk dan lain lain yang akan di publikasikan media sosial.

2. Deklarasi Pelajar Setara dan Merangkul
Ketika pelajar-pelajar muhammadiyah mulai ada kesadaran yang baik terhadap anak-anak berkebutuhan khusus perlunya ada langkah lebih lanjut yaitu mengkampanyekan atau mengdeklarasikan. Dalam hal tersebut setiap pimpinan ranting ikatan pelajar muhammadiyah (IPM) diwajibkan membuat deklarasi pelajar setara dan merangkul dengan teknis disesuaikan dengan pimpinan masing-masing setempat. Hasil dari deklarasi di publikasikan di akun media sosial masing masing pimpinan.

C. Studentpreneur
Konsep Studentpreneur merupakan salah satu bentuk agenda aksi IPM yang telah disepakati dalam Muktamar IPM XXI tahun 2018 di Sidoarjo. Arahan Studentpreneur diupayakan untuk bisa membangkitkan kesadaran dan membangun aktivitas kewirausahaan yang inklusif di IPM. Harapannya dari agenda aksi Studentpreneur ini aktivitas kewirausahaan pelajar bukan hanya pada self profit tetapi juga memberdayakan lingkungan sekitar dan memberikan dampak sosial yang baik.

Pada fortasi 2019 kali ini, pelaksanaan Studentpreneur diarahkan untuk membangun dan memupuk jiwa kewirausahaan pelajar. Apalagi setelah dilaunchingnya program "Saudagar Pelajar" di arena rapat kerja nasional atau rakernas 2019 di Palembang, maka konsep studentpreneur menjadi semakin jelas dan mempunyai wadah yang tepat bagi pelajar untuk meningkatkan jiwa kewirausahaannya. Oleh sebab itu, brand "Saudagar Pelajar" akan menjadi spirit kewirausahaan pada pelaksanaan agenda aksi studentpreneur di Fortasi 2019. Beberapa aktivitas "Saudagar Pelajar" yang bisa dilakukan pada studentpreneur Fortasi 2019 antara lain:

1. Marketday
Marketday adalah hari dimana setiap pelajar diberikan ruang untuk bisa memasarkan produk-produk yang mereka miliki. Marketday bisa berbentuk bazar ataupun kegiatan lainnya yang pada intinya menyediakan tempat untuk aktivitas jual beli yang dilakukan pelajar. Marketday bertujuan agar setiap pelajar bisa menyalurkan bakat dan potensinya dibidang kewirausahaan. Di kegiatan marketday setiap peserta fortasi baik secara individu ataupun kelompok diberikan kesempatan untuk menjual barang atau produk yang dimilikinya dalam forum bazar yang disediakan setiap sekolah dan diarahkan agar bisa membiasakan peserta untuk membeli produk lokal, produk temannya sendiri.

2. One Day Without Money
Kegiatan One day without money sebagai tindakanjut dari marketday. One day without money atau satu hari tanpa uang dimaksudkan untuk melatih setiap peserta berhemat dan tidak menggunakan uang untuk membeli sesuatu didalam atau diluar lingkungan sekolah. Tetapi untuk bisa membeli barang yang dibutuhkan harus melakukan barter atau pertukaran barang yang dijualnya dengan penjual barang yang lain. One day without money diarahkan agar bisa membiasakan peserta untuk barter produk temannya sendiri.

D. Gerakan pelajar Sehat
1. Senam Massal
Generasi muda harus menunjukan kepeduliannya terhadap kesehatan tubuhnya dengan begitu sudah seharusnya pelajar-pelajar muhammadiyah sudah bisa mulai membiasakan diri dengan pola hidup sehat untuk diri sendiri. Dalam hal tsb setiap peserta diwajibkan untuk senam massal di pagi hari sebelum memulai aktivitas kegiatan fortasi sebagai bentuk pembiasaan pola hidup sehat.

2. Aksi Bersih Berjamaah
Kebersihan sebagian dari iman, pesan tersebut adalah pengingat kepada kita bahwa Nabi Muhammad SAW telah memberi perhatian amat besar pada kebersihan lingkungan. Untuk mendorong usaha tersebut maka perlu aksi kolektif berupa Aksi Bersih Berjamaah tujuan dari aksi ini adalah mengurangi dampak lingkungan sekitar dan membiasakan buang sampah pada tempatnya.

3. Gerakan Bawa Bekal Gizi
Sustainable Development Goals (SDGs) sebagai indikator penting pembangunan dunia. Salah satunya ialah masalah gizi, pelajar tidak hanya terfokus pada kondisi fisik tetapi pola makanan yang tercukupi agar kebutuhan gizi seimbang. Dalam gerakan bawa bekal gizi peserta diwajibkan membawa bekal untuk makan siang selama kegiatan fortasi yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

CATATAN :
Lakukan musyawarah dalam pimpinan IPMawan IPMawati sekalian dan lakukan juga konsolidasi yang di bersamai oleh Wakka Kesiswaan serta PC dan PD IPM setempat untuk pelaksanaan menu kegiatan yang akan dilaksanakan pada kegiatan FORTASI.


13. SUSUNAN KEGIATAN

Hari Pertama.

07.00 – 07.30 Pembukaan
07.30 – 08.15 Orientasi dan Senam Massal
08.15 – 09.00 Personal Introduction
09.00 – 10.30 Materi I Agama Islam Rahmatan Lil ‘Alamin
10.30 – 12.00 Materi II Fiqh Ibadah (Thaharah Wudhu dan Tayamum)
12.00 – 13.00 Ishoma (Gerakan Bye Plastik)
13.00 – 14.30 Materi III (Sejarah Muhammadiyah Maksud dan tujuan)
14.30 – Besok Apel Sore dan Pulang. (One Student One Three)

Hari Kedua.

07.00 – 07.30 Absen dan Tadarus
07.30 – 09.00 Materi IV (Mengenal Ortom-Ortom IPM)
09.00 – 10.30 Materi V (Mengenal IPM)
10.30 – 12.00 Materi VI Sejarah Para Nabi (Agama Tauhid Nabi)
12.00 – 13.00 Ishoma (Pendidikan Inklusi)
13.00 – 14.30 Materi VII Kepemimpinan
14.30 – Besok Apel Sore dan Pulang. (Aksi Bersih Berjamaah)

Hari Ketiga.

07.00 – 07.30 Absen dan Senam Massal
07.30 – 09.00 Materi VIII (Ke-organisasian)
09.00 – 10.30 Materi IX (Mengenal Sekolah)
10.30 – 12.00 Materi X (Mengenal Ekstrakurikuler)
12.00 – 13.00 Ishoma (Gerakan Bawa Bekal Gizi)
13.00 – 14.30 Muatan Lokal

14.30 – Tadarus, Apel Sore dan Pulang

Hari Keempat.

07.00 – 08.00 Senam Massal, Absen, dan Tadarus
08.00 – 14.00 Lomba Pembuatan Tempat Sampah Sesuai Jenis Sampah, Deklarasi Pelajar Setara dan Merangkul, Market Day (Bazzar), dan One day without money
14.00 – 15.30 Penutupan Fortasi
15.30 – Sholat Ashar dan Pulang

CATATAN :
Sobat IPMawan dan IPMawati lakukan konsolidasi mengenai jadwal ini bersama Wakka Kesiswaan, PC dan PD IPM Setempat


14. PENUTUP
Demikian proposal ini kami buat dan kami ajukan dengan penuh harapan dapat berjalan sesuai rencana dan rancangan secara sistematika. Dan juga tidak terlepas dari harapan kembali untuk mendapatkan bantuan dan dukungan dari Kepala dan seluruh pihak SMP Muhammadiyah untuk membimbing demi tercapainya maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan ini.
Nuuun, Walqolamii Wamaa Yasthuruun Assalamu’alaikum Wr. Wb. 

Tanggal pembuatan proposal (Diletakkan di kanan)


 KESIMPULAN 
Alhamdulillah, segala puji bagi Allah Subhanu Wa Ta'ala yang telah memberikan kesempatan bagi saya untuk bisa berbagi kepada IPMawan IPMawati.

Bila terdapat kesalahan dalam struktur penulisan, baik kata maupun makna, saya mengucapkan mohon maaf sebesar-besarnya dan diberkenankan kepada teman-teman untuk berkomentar dibawah. Dihari Raye Idul Fitri ini, saya mengucapkan Minal Aidin Wal Faidzin.. Mohon Maaf Lahir Batin.

Tag: Contoh Proposal Fortasi IPM, Contoh Membuat Proposal Fortasi IPM, Contoh Proposal Fortasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah 2019

6 Responses to "Contoh Proposal FORTASI 2019 | Ikatan Pelajar Muhammadiyah"

  1. Luar biasa. Lanjutkan kebermanfaatan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih banyak bang PP IPM! InsyaAllah berkelanjutan.. Sebelumnya dibulan idul fitri ini saya minta ma'af sebesar-besarnya bang bila ada kesalahan dari kader abang ini..

      Delete
  2. panduan yang sangat lengkap. pastinya para junior mudah jadi terbantu dengan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insyaa Allah, saya sebagai kader seikatan hanya ingin membantu dan memudahkan mereka dalam menciptakan kader penerus.. Trms atas viewnya..

      Delete
  3. Wahhh keren bangett, panduannya lengkap bangett.. luar biasa

    ReplyDelete

"Sebaik-baiknya netizen, ia yang memiliki adab berkomentar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel