Materi FORTASI IPM 2019 | Dilengkapi PPT dan Penjelasan

Bismillahirrahmanirrahim, Assalamu'alaikum Warrahmatullah Wabarakatuh. 
Innalhamdalillah, nahmaduhu wanasta'inuhu, wanastaghfiruhu, wana'udzubillahi min syurruri 'anfusina, waminsayyi'ati a'malina mayyah dihillahu falaa mudhillalah, wamayyudhil falaa hadiyallah. Assyhadu alla illaha Illallah, wa assyhadu 'anna Muhammaddan 'abduhu Rasulullah. Rodhitubillahi robba, wabil Islamidina, wabil Muhammadinnabiyyi warasula.

Alhamdulillahi rabbil 'alamin, rasa syukur patut kita pujikan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan anugrah-Nya, sehingga diparuh waktu kesibukan dalam berbagai kegiatan, baik itu kegiatan pribadi, organisasi, dan pendidikan, saya bisa menyelesaikan artikel ini guna berbagi ilmu dan pengetahuan.

Materi Fortasi IPM

Dibulan juli ini, masa-masa libur telah berlalu dan kini tibanya masa belajar dan mengajar di tingkat pendidikan baik di SD, SMP, dan SMA hingga Universitas mulai kembali berjalan. Disekolah-sekolah Muhammadiyah, para kader-kader terutama kader IPM sudah mulai menyusun strategi dan rancangan untuk penerimaan siswa-siswi baru.

Salah satu kegiatan yang diintruksikan oleh PP IPM akan dilaksanakan pada seluruh sekolah-sekolah Muhammadiyah secara serempak adalah kegiatan FORTASI. Di artikel sebelumnya saya sudah turut berkontribusi dan berkolaboratif bersama IPMawan IPMawati tentang Contoh membuat proposal FORTASI IPM 2019.

Pada kali ini, yang bakal saya bahas adalah materi ke IPM an dalam kegiatan Fortasi tersebut. Berikut ini adalah beberapa penjelasan dari saya pribadi, dan apa bila terdapat kesalahan dalam pengetikan dan kesalahan dalam makna bahasan saya memohon maaf kepada teman-teman. Adapun teman-teman dapat memperbaikinya dengan berkomentar dibawah artikel.

Penjelasan Materi Ke-IPM-an untuk FORTASI 2019

1. Pembukaan Materi
Slide 1 - FORTASI
Catatan :
Lakukanlah pembukaan dengan semeriah mungkin, agar peserta akan lebih tertarik kepada anda. Jangan lupa untuk mengajarkan kepada Audiens, ketika teman-teman bilang IPM maka mereka bilang Jayoo.. Eeh, Jayaa!

2. Pengenalan Diri
Slide 2 - Mengenai Saya
Catatan :
Melakukan pengenalan diri bisa dilakukan dengan cara yang gokil dan menarik, namun tetap pada kadar batasnya agar audiens tetap menghargai anda sebagai pemateri. Hal ini dilakukan agar mereka lebih tertarik dengan yang anda sampaikan.

3. Pengenalan Apa itu FORTASI ?
Slide 3 - Apa itu Fortasi

Pemateri :
Sebelum saya memulai materi ini, apakah teman-teman disini ada yang sudah tahu apa sih itu Fortasi? Kalau ada yang tahu silahkan maju kedepan, dan ada hadiahnya lho bagi yang tahu!

Catatan : 
Dengan membuat pertanyaan yang menarik, peserta akan kepo dan berminat dengan menjawabnya terlebih lagi bila ada hadiahnya bagi yang mampu menjawab dan menjelaskannya walau tidak setepat mungkin.

4. Penjelasan FORTASI
Slide 4 - Forum Ta'aruf Orientasi
Pemateri :
Fortasi adalah singkatan dari Forum Ta'aruf Orientasi, yang dimana arti dari FORTASI ini adalah proses pengenalan teman-teman kepada lingkungan SMP Muhammadiyah ini agar teman-teman sekalian bisa lebih Semangat dalam menuntut ilmu, pengenalan kegiatan-kegiatan untuk meningkatkat Bakat dan Minat teman-teman. Sehingga harapan kami, teman-teman bisa Menemui Potensi yang ada pada diri teman-teman sekalian.

Catatan :
Teman-teman bisa menambahkan sendiri penjelasan-penjelasan lainnya mengenai FORTASI, namun jangan sampai melewati penjelasan pada slide selanjutnya yang saya jelaskan dibawah ini.

5. Perbedaan FORTASI dengan MOS
Slide 5 - Perbedaan antara Fortasi dengan MOS
Pemateri :
Oh iya, ngomong-ngomong nih ya ada yang tahu enggak? Kenapa sih nama kegiatan pengenalan ini namanya FORTASI bukannya MOS? (lakukan seperti di cara nomor 3).

Jadi, secara umumnya nih teman-teman mengenai perbedaan antara Fortasi dengan MOS ini terbilang sama tapi tak sama. Tapi jangan samakan seperti omongan perempuan sekarang "Semua cowo itu sama aja!" Hahaha..! Kalo gitu, ya saya mau disamakan lah dengan si "Boy anak jalanan" tapi beda versi, kalau saya si "Boy anak IPM" Hahaha..! Oke lanjutkan..

Pertama, Fortasi dilaksanakan di sekolah-sekolah Muhammadiyah. Sedangkan MOS dilaksanakan di sekolah-sekolah Negeri.

Kita ulangi, Fortasi di sekolah..? MOS di sekolah..?

Nah, kemudian yang mengurusinya juga berbeda lho! Kalau di sekolah-sekolah Muhammadiyah yang mengurusi kegiatannya adalah teman-teman IPM. Sedangkan kalo di sekolah-sekolah Negeri yang mengurusi kegiatannya adalah teman-teman OSIS.

Kita ulangi lagi, Disekolah Muhammadiyah siapa..? Disekolah Negeri siapa..?
Ulangi lagi Woy..! Sekolah Muhammadiyah..? Sekolah Negeri..?

IPM, Jayaa!
IPM Jaya? Haha, emangnya kalian tahu apa itu IPM ? Kalo belum tahu, ayo kita lanjutkan..

Lanjut gak nih..? Woy, Lanjut gak..?

6. Apa itu IPM
Slide 6 - Apa itu IPM
Pemateri :
Bentar-bentar, saya minum Kopi dulu biar OKE! Ingetkan, motto saya apa tadi? Belum ngopi, belum..? Woy, Belum ngopi belum..? Oke lanjutkan..

7. Penjelasan IPM
Slide 7 - Penjelasan IPM
Pemateri :
Nah, bagi teman-teman yang belum tahu apa itu IPM. Jadi IPM adalah singkatan dari Ikatan aku sayang kamu. Eeh! Haha.. Ikatan Pelajar Muhammadiyah lho ya yang benarnya.

8. Kelahiran IPM
Slide 8 - Kelahiran IPM
Pemateri :
Nah, IPM lahir ditahun 1961 tepatnya ditanggal 18 Juli. Jadi sudah berapa tahun usia IPM sekarang? Ya, 57 tahun. Hei ini bulan Juli loh!

Jadi tanggal 18 nanti IPM akan milad ke usia berapa..? Woy usia keberapa..? Iya ke 58.

Jadi sepanjang usia IPM ini, telah melalui banyak halang dan rintangan lho! Apalagi ditahun 60an. Bukannya itu sehabis penjajahan dan jamannya PKI merajalela bukan?

Dengan kehadiran IPM saat itu, menunjukkan bahwa IPM itu berani! Bukan hanya berani, tetapi sangat berani!

Sangat apaa..?
Woy Sangat apaa..?

Iya! Sangat berani dalam menjunjung tinggi agama Islam sebagai agama yang Rahmatan lil 'alamin khususnya bergerak di bidang pelajar.

Apa itu rahmatan lil 'alamin? Boleh teman-teman catat dibukunya, Rahmatan lil 'alamin artinya adalah Rahmat bagi seluruh alam.

Jadi, Islam sebagai agama Rahmatan lil 'alamin maksudnya adalah Islam sebagai agama yang menjadi Rahmat bagi..? Seluruh alam.

Bagi seluruh apa..? Ya! Rahmat bagi seluruh semesta alam.

9. Sejarah Perubahan IPM
Slide 9 - Perubahan nama IPM
Pamateri :
Nah, tau gak sih..? Rupanya IPM dulu pernah ganti nama lho!

Awal dibentuk pada tahun 1961 organisasi ini diberi nama IPM, Ikatan Pelajar Muhammadiyah.

Kemudian ditahun 1992 tepatnya tanggal 18 November, IPM merubah namanya dari IPM menjadi IRM. Kalian ada yang tahu apa itu IRM..?

Apa itu IRM..? IRM adalah singkatan dari Ikatan Remaja Muhammadiyah. Ikatan apa..? Ya, Ikatan Remaja..? Muhammadiyah.

Lah, bang kok bisa ya IPM berganti jadi IRM..? Iya, karena pada saat itu IPM mendapat perintah dari pihak pemerintah, bahwa organisasi di sekolah-sekolah tidak boleh menggunakan kata pelajar dalam skala nasional yang berarti pada saat itu seperti OSIS lah yang diperbolehkan.

Kemudian IRM, basisnya bukan pelajar lagi lah ya bang? Iya! Basisnya tidak hanya pelajar lagi, tetapi seluruh remaja.

Bisa kebayang gak, seluruh remaja bergabung dengan IRM..? Haha, luarbiasa bukan..?

Tetapi jangan pandang bahwa dengan basis remaja, IRM itu menjadi organisasi kepemudaan yang efektif!

Dengan basis remaja yang sangat banyak, IRM menjadi kesulitan untuk bergerak didalam kesatuan. Dikarenakan, tidak ada wadah yang baik untuk mengorganisasikan mereka. Ya salah satunya adalah sekolah-sekolah.

Oleh karena itu, setelah runtuhnya Orde Baru pada tahun 1998 para aktifis IRM kembali memikirkan untuk melakukan kembali perubahan nama pada IRM menjadi IPM.

Perubahan itupun didukung oleh Ayahanda Muhammadiyah, sehingga pada tahun 2008 tepatnnya pada tanggal 28 Oktober IRM berubah menjadi IPM.

10. Tujuan IPM
Slide 10 - Tujuan IPM
Pemateri :
Setiap orang memiliki tujuan didalam hidupnya, dan berdirinya organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah tentunya juga memiliki tujuan.

11. Tujuan berdirinya IPM
Slide 11 - Tujuan didirikannya IPM
Pemateri :
Oke, perhatikan semuanya. Tujuan didirikannya IPM adalah supaya kader-kader penerus Muhammadiyah dimasa yang akan mendatang bisa menjadi kader yang Berilmu dalam berbagai permaslahatan didunia, memiliki Akhlaq yang Mulia serta Terampil dalam berbagai bidang sehingga dapat menjadi pelopor atau penerus Muhammadiyah yang bertujuan untuk Menegakkan dan menjunjung tinggi nilai-nilai ajaran Islam.

Jadi catat ini semua, jangan hanya catat dikertas.. Tetapi diamalkan juga!
Kita ulangi, pertama bisa menjadi kader yang apa..? Oy, kader yang apa..? Berilmu. Kedua bisa menjadi kader yang apa..? Oy! Kader yang memiliki apa..? Aklaq yang Mulia! Dan ketiga bisa menjadi kader yang apa..? Oy! Kader yang apa..? Terampil!

Sehingga bisa menjadi penerus tugas dakwah Muhammadiyah untuk apa..? Menegakkan dan menjunjung tinggi nilai-nilai ajaran..? Ajaran Islam.

Tolong kepada kalian semua, tujuan ini jangan dipandang remeh! Kalian disini harus mengembang diri untuk menjadi diri yang memiliki kepribadian terbaik sebagai kader muda Muhammadiyah.

Waktu terus berjalan teman-teman, Waktu terus apa..? Ya, terus berjalan. Kami tidak bisa bergerak terus-terusan di IPM ini, tentunya dengan kehadiran kalian di sekolah Muhammadiyahlah harapan kami agar bisa memimpin Ikatan ini kelak.

12. Quote IPM
Slide 12 - Quote IPM 
Pemateri :
Bila kau tak mau dan tak pernah belajar untuk menjadi seorang Pemimpin, maka kamu tak akan pernah bisa! Tak akan pernah..? Bisa.

Tahun 2045 Insyaa Allah, akan menjadi tahun emasnya Indonesia. Tahun 2045 ini, Insyaa Allah sebagian besar anak muda Indonesia yang akan memimpin negara ini.

Bagaimana belajar menjadi seorang pemimpin? Kalian bisa belajar menjadi pemimpin yang pertama bagi diri kalian sendiri, kedua memimpin kelas dan teman-teman kalian, dan kalian harus bisa belajar kepemimpinan di organisasi IPM ini.

Tidak ada yang mustahil didunia ini, tidak ada yang..!? Mustahil.

13. Pemimpin Muda
Slide 13 - Pemimpin Muda
Pemateri :
Kalian lihat! Kalian baca!
Ethan Sonneborn, diusia 14 tahun sudah berani mencalonkan dirinya sebagai Gubernur!

Lah kalau anak-anak sekarang..!? Umur 14 tahun mereka dimana..? Oy! Mereka dimana..? Diwarnet? Di jalanan? Di Kafe-kafe? Dimana lagi..?

Kalau tidak sekarang kapan lagi Oy! Kapan lagi!?

Coba yang ingin belajar menjadi pemimpin disini angkat tangannya! Angkat yang mau menjadi pemimpin!

*(Pancing audiens untuk berani maju kedepan)

Nama kamu siapa?

Umur?

Beranikah kamu menjadi pemimpin?

Nanti mau jadi pemimpin apa?

Kenapa mau menjadi pemimpin (ex: Kelas) ?

Oke, saya tunggu kamu nanti. Semuanya yang disini, angkat tangannya! Mari berdo'a bersama.

"Ya Allah, jadikanlah, (ex: Habir) menjadi, Gubernur, Kapuas Raya, Tahun, 2045 Nanti, Amin." 

"Ya Allah, jadikanlah, kami disini, menjadi pemuda, yang bisa, memimpin, negara Indonesia, dengan adil, dan makmur, bukan semata-mata, mengejar jabatan, dan memecah belah, negara ini, Amiin."

"Ya Allah, jadikanlah kami, pelajar muslim, yang bisa memimpin, dimasa depan, sehingga kami bisa membantu, Saudara kami di Suriah! Saudara kami di Palestine! Saudara kami di Yaman! Saudara kami di Iraq! Saudara kami di Myanmar! Saudara kami di Afghanistan! Saudara kami di Turki! Saudara kami di Indonesia! Saudara kami di Indonesia! Saudara kami di Indonesia! Dan seluruh umat muslim di dunia, Amiin."

IPM..! Jayaa..!
IPM..! Jayaa..!
IPM, IPM, IPM..! Jayaa..! Jayaa..! Jaya..!

Oke sekali lagi!
"Saya berjanji, saya akan belajar sungguh-sungguh, saya akan berbakti kepada orang tua, dan berbakti kepada guru."

Lanjutkan lagi, kali ini yang laki-laki pengang pundak kawan mu disebelah kiri, yang laki-laki sama laki-laki,  yang perempuan sama perempuan.

Ikuti saya semua!

"Oy teman, kamu yang punya pacar, putuskan lah, enggak ada gunanya pacaran, buang-buang duit, buang-buang pulsa, buang-buang kuota, buang-buang tenaga, buat balas pesan dia, selamat pagi, selamat siang, selamat petang. Ingat ini! Awas lupa."

Oke lanjut ketemanmu disebelah kanan, pegang pundaknya.

"Oy teman, kamu yang punya pacar, putuskan lah, enggak ada gunanya pacaran, buang-buang duit, buang-buang pulsa, buang-buang kuota, buang-buang tenaga, buat balas pesan dia, selamat pagi, selamat siang, selamat petang. Ingat ini! Awas lupa."

14. Menjelaskan Lambang IPM
Slide 14 - Lambang IPM

15. Tingkatan Pimpinan di IPM
Slide 15 - Tingkatan Pimpinan IPM

16. Keseruan di IPM
slide 16 - Keseruan di IPM
Slide 17 - Di IPM itu Asik

Slide 18 - Di IPM itu Asik

Slide 19 - Di IPM itu Asik
Slide 20 - Di IPM itu Asik

Slide 21 - Di IPM itu Asik

Slide 22 - Di IPM itu Asik

Pemateri :
Alhamdulillah, materinya udah selesai.. Asik gak..? Asik gak..?

Wah kamu, bilang Asiknya gak tulus. Jadi galau saya, cape-cape ngasi materi tapi kamunya ga Asik.

Jadi setelah ini, akan ada sesi tanya jawab untuk 3 orang saja. Saya tutup materi ini dengan semboyan IPM yaitu surah Al-Qolam ayat 1, Nuun, Wal Qolamii Wa Maa Yasthuruun. Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

IPM..! Jayaa..!


Sekian dari artikel ini, guna membantu sesama Kader Ikatan. Terimakasih, Nuun Wal Qolamii Wa Maa Yasthuruun, Wassalamu'alaykum.

0 Response to "Materi FORTASI IPM 2019 | Dilengkapi PPT dan Penjelasan"

Post a Comment

"Sebaik-baiknya netizen, ia yang memiliki adab berkomentar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel