Pentingnya Literasi Bagi Pelajar Berkemajuan

BroHabir - Literasi (literacy) adalah istilah umum yang digunakan untuk merujuk kepada kemampuan seseorang dalam membaca, menulis, berbicara, berhitung, dan menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan akal dan pikiran.[1] 

Saat ini pemerintah khususnya Kemendikbud tengah menumbuhkan "Gerakan Literasi Sekolah" (GLS). Namun dalam mengembangkan minat baca dan menulis tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja, ada banyak sekali komunitas dan organisasi yang menggalakkan program tersebut.

Buku Literasi
Salah satu organisasi yang saya ikuti adalah organisasi otonom Muhammadiyah, yakni Ikatan Pelajar Muhammadiyah. Ikatan Pelajar Muhammadiyah atau yang disingkat dengan IPM adalah salah satu organisasi pelajar tingkat nasional. IPM sudah meraih berbagai penghargaan, 4 kali Organisasi Kemasyarakatan & Pemuda (OKP), 3 kali ASEAN Ten Accomplished Youth Organization (TAYO) Award, dan 1 kali meraih penghargaan PPI Sociopreneur.

Seperti yang dilansir oleh tim media PP IPM mengenai literasi melalui media websitenya, pada Deklarasi Praha (Unesco, 2003) mencanangkan pentingnya Literasi Informasi (Information Literacy), yakni sebuah kemampuan untuk mencari, memahami, mengevaluasi secara kritis, dan mengolah informasi menjadi pengetahuan yang bermanfaat untuk pengembangan diri dan sosialnya.[2] 
Sehingga saat ini dalam memaknai kata literasi , tidak hanya sekedar membaca dan menulis namun bagaimana seseorang itu dapat menangkap informasi yang dibaca (visual) dan didengar (auditori) kemudian dapat dimanfaatkan dengan komprehensif.

Gerak jempol? Gerakkan juga dong literasinya! Semangat Brother, Yuhuu!

Literasi merupakan indikator penting bagi pelajar berkemajuan dalam mencapai kesuksesan dan memajukan bangsa. Pelajar atau pemuda menjadi sebuah objek yang perlu didorong untuk dapat memberikan kontributifnya dalam memajukan bangsa dan menciptakan perubahan.

Literasi yang buruk menjadi permasalahan di Indonesia. Adapun ini dibuktikan melalui survei Programme for International Student Assisment (PISA) yang menunjukkan bahwa tingkat literasi di Indonesia berada ditingkat ke-2, dari belakang. El-Fant√°stico right!? Dengan kata lain, Indonesia berada di urutan ke-60 dari 61 negara yang ada didunia.[3]  Padahal literasi ini sangat bermanfaat dalam proses pengembangan diri dan bangsa.

Inilah mengapa pentingnya kita galakkan "Gerakkan Jihad Literasi" dalam kehidupan pelajar berkemajuan, semoga dengan dibuatnya artikel ini saya bisa memberikan sedikit kontribusi dalam menggalakkan program-program literasi. Cukup sekian dari saya, share artikel ini bila bermanfaat.


sumber:
[1] Wikipedia - Literasi;
[2] PP IPM - Analisis Tujuan Kebijakan : Kolaborasi Gerakan Jihad Literasi (IPM) dan Gerakan Literasi Sekolah (Kemendikbud);
[3] Jurnal.Unissula - Pentingnya Penguasaan Literasi bagi Generasi Muda Dalam Menghadapi MEA.

2 Komentar untuk "Pentingnya Literasi Bagi Pelajar Berkemajuan"

"Sebaik-baiknya netizen, ia yang memiliki adab berkomentar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel