10 Makanan Khas Daerah Kalimantan Barat

Kalau berkunjung dan jalan-jalan kesuatu tempat, belum pas rasanya kalau hanya sekedar berfoto-foto saja. Tentunya tak hanya yang dapat dilihat-lihat saja, namun juga ada yang harus kamu masukkin kedalam perut. Haha, iya gak Bro?

10 Makanan Khas Kalimantan Barat yang Populer

Kalimantan merupakan salah satu pulau penghasil oksigen karena lestarinya pepohonan hutannya. Suku dayak dan melayu adalah dua suku yang dominan dipulau ini. Tak heran bila masyarakatnya seringkali mengolah sesayuran, hewan-hewanan, hingga buah-buahan menjadi makanan khasnya. Mau tau apa aja sih makanan khas daerah Kalbar? Yuk simak 10 daftar makanan khas daerah Kalimantan Barat yang terkenal enak dan nyaman.


Temet (Kerupuk Basah) Makanan Khas Kapuas Hulu, Kalimantan Barat
Foto Instagram @kerupukbasahojik_

1. Temet (Kerupuk Basah) Khas Kapuas Hulu

Dalam bahasa daerah Kapuas Hulu, kerupuk basah disebut juga sebagai Temet/timit dengan nada huruf "E" (Ekor). Temet adalah makanan khas daerah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Makanan ini populer karena rasanya yang khas seperti rasa kerupuk lembek, kerupu yang basah, masih agak bau amisnya, karena bahan-bahan yang digunakannya adalah daging-daging ikan segar hasil tangkapan nelayan sungai Kapuas.

Jauh berbeda ya dengan kerupuk yang digoreng dengan cita rasa garing dan crispy, temet sendiri memiliki tekstur yang sedikit padat dan lengket. Komposisi yang dibutuhkan dalam pembuatan temet tidaklah susah, bahkan ditiap-tiap dapur rumah kalian pasti ada bahannya kok. Adapun bumbu-bumbu dalam pembuatan temetnya meliputi: 

- Daging ikan (Masyarakat biasanya menggunakan daging ikan Belida/Belidak)
- Bawang putih
- Sahang/Merica/Lada
- Garam
- Tepung sagu
- Dan bahan lainnya.

Cara memasak temet sangat mudah, kalian hanya perlu mengkukus temet yang sudah dibentuk bulat memanjang. Adapun sebagai pelengkapnya, temet juga selalu didampingi bumbu cabai yang dicampur dengan kacang (seperti bumbu siomay/sate). Bahasa daerah "cabai" masyarakat Kapuas hulu adalah "Rangki", "Rangki Piret" Haha, tau kan saya? Aoklah, Keti teh orang aku didituk.

Rasanya kira-kira bagaimana ya? Oh ya Allah, uenaaknya kebangetan! Seperti rasa-rasa siomay, hanya saja dengan ukuran yang lebih besar dan lebih-lebih-lebih deh pokoknya. Kamu harus coba Temet!


Bubur Pedas khas Sambas
Foto Web Travelingyuk.com

2. Bubur Pedas Khas Sambas

Bubur pedas adalah makanan khas orang melayu yang ada di Sambas. Karena rasanya yang unik dan nikmat, kini bubur pedas sudah bisa kalian rasakan didaerah sekitar lainnya antara lain Pontianak, Sintang, Melawi, Ketapang, Mempawah, Singkawang, dan lainnya.

Bubur pedas tidaklah sepedas namanya, bubur ini merupakan perpaduan dari beras yang di oseng tanpa minyak, dikolaborasikan dengan sesayuran, buah sayur, kacang, dan ikan teri yang digoreng renyah.

Bubur pedas merupakan solusi bagi masyarakat Kalimantan Barat yang tidak suka makan sayur tumis dan sebagainya. Karena didalamnya terdapat banyak campuran sayur yang tubuh perlukan. Bubur pedas merupakan makanan khas yang perlu kalian coba bila berkunjung ke Kalimantan Barat. Harganya cukup murah, hanya sekitar Rp. 10.000,- per mangkok lengkap dengan buburnya (tidak hanya mangkok, hehe).

3. Sotong Pangkong Khas Pontianak

Dalam bahasa sehari-hari masyarakat pontianak, sotong adalah cumi-cumi, sedangkan pangkong adalah memukul. Jadi sotong pangkong adalah cumi-cumi yang dipukul menjadi pipih agar dagingnya menjadi empuk.

Sotong pangkong menjadi menu makanan khas yang populer di pontianak, bile awak nantik bekunjong.. Sile rasekan sotong pangkong kamek! (Bila kalian nanti berkunjung, silahkan rasakan sotong pangkong kami!)

4. Asam Pedas Tempoyak Khas Ketapang

Dari namanya tak asing lagi dengan masakan asam pedas. Tapi tahukah kamu apa itu tempoyak? Tempoyak adalah daging durian yang disimpan selama satu bulan didalam toples (fermentasi).

Masakan asam pedas tempoyak memiliki cita rasa yang khas serta aromanya yang amat kuat. Walaupun begitu, ketika asam pedas tempoyak ini dihidangkan bersama sambal terasi dan rebusan daun ubi.. Wuiih, Kamu ga bakalan nolak deh! Haha.

5. Mie Piting Khas Pontianak

Mie Piting (Kepiting) adalah mie goreng yang diolah bersama kepiting. Kalau di kota jogja, biasanya makan mie dicampur dengan ayam ya! Nah, kalau di Pontianak kamu akan mendapat menu masakan yang dimana, topping dari mie gorengnya adalah daging kepiting.

Mie goreng ini tiada dua rasanya dengan mie ayam. Cita rasa khas kepiting dicampur dengan mie, merupakan perpaduan rasa masakan yang top banget. Kalau berkunjung ke Pontianak jangan lupa beli ya!

6. Ale-ale Khas Ketapang

Ale-ale adalah hewan sejenis kerang, dalam masuk kedalam kategori seafood. Penyajian Ale-ale sungguh menggugah nafsu makan, walaupun sudah kenyang.

Walau dimasak dengan bumbu seadanya, cita rasa yang diberikan oleh Ale-ale tetap khas ketapang. Nah, kalo ke Kalimantan barat jangan lupa beli Ale-ale ya! Enggak hanya di Ketapang saja yang Ale-ale, karena enaknya makanan ini, kini dipontianak dan sekitarnya pun juga menyajikan makanam ini.

7. Mie Saguk Khas Pontianak

Nah kalau tadi mie piting, sekarang mie saguk (sagu). Tekstur pada mie saguk ini lebih agak kenyal-kenyal dari pada mie biasanya. 

Bumbu-bumbu dan kuah yang digunakan tidak jauh berbeda seperti soto. Kecambah, suiran ayam, kuah kaldu kuning, dan teri goreng. Hanya saja penggunaan pada mie saguk, menggunakan sagu sebagai bahan utamanya.

8. Bingke Khas Pontianak Punye

Bingke (Bingka) merupakan makanan berupa kue basah. Bingke Pontianak memiliki tekstur yang lunak dan memiliki cita rasa yang manis, semanis dirimu.

Bingke Pontianak ini cocok buat teman ngopi dimalam minggu bersama teman-temanmu. Kalau beli yang banyak ya! Nanti jadi pada rebutan lho, haha.

9. Pengkang Cemilan Khas Pontianak

Pengkang, adalah makanan yang terkomposisi dari beras ketan dan ebi yang dibungkus dengan daun pisang, kemudian dibakar diatas bara arang. Nah, pengkang ini harus jadi teman ngopi kamu kalau ke Kalimantan Barat yah!

10. Lempok Durian Khas Pontianak

Tau Dodol? Nah, lempok ini adalah dodol yang bahan utamanya adalah durian. Lempok merupakan dodol yang populer di Kalimantan Barat. So, ketika kamu kemari.. Jangan lupa icip-icip yah! Haha..

1 Komentar untuk "10 Makanan Khas Daerah Kalimantan Barat"

"Sebaik-baiknya netizen, ia yang memiliki adab berkomentar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel