8 Alat Jaringan Internet WAN (Penjelasan Singkat & Gambar)

Jaringan WAN

Pada era industri 4.0 seperti saat ini, semua kebutuhan manusia yang berkaitan dengan teknologi tidak bisa terlepas dengan yang namanya JARINGAN.

Teknologi komputer semakin berkembang pesat.

Bahkan di sekolah-sekolah sudah banyak diajarkan tentang hal ini. Terutama mereka yang bersekolah di kejuruan (SMK).

Kemudian, apa-apa sajakah 8 komponen dan alat untuk membangun jaringan wide area network (WAN)? Mari kita pelajari dari awal.

Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network atau yang disingkat dengan WAN adalah jaringan komputer yang mampu mencakup area yang sangat luas dan besar seperti antar kantor, antar pulau, bahkan antar negara.

Contoh:

"SMK 1 memiliki sekolah 2 cabang yang berjarak 5 KM. Untuk menghemat biaya jaringan internet, SMK 1 menembak sinyal wifi dari antena sekolah setinggi 50 M. Alat pertamanya adalah Modem wifi, dan yang digunakan untuk mengatur bandwith jaringan adalah Router, untuk menembaknya adalah Access Point dan ditangkap oleh Repeater ditembakkan lagi dengan sinyal yang lebih besar, kemudian untuk menangkap jaringannya adalah dengan menggunakan Wajan Bolic."

Nah, diatas adalah contoh sederhana dari jaringan WAN.

Adapun berikut ini adalah 10 daftar alat-alat dan komponen yang diperlukan untuk jaringan WAN disertai gambar dan penjelasan singkat.

1. Modem

Modem
source: www.alibaba.com
Modulator Demodulator atau yang disingkat dengan modem merupakan perangkat keras jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi dua arah yang merubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya untuk mengirimkan pesan/data internet ke alamat yang dituju. Sederhananya, modem juga diartikan sebagai perantara untuk menghubungkan komputer kita ke jaringan internet.

2. Router

Router
source: www.bhinneka.com
Router merupakan perangkat keras jaringan komputer yang dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan yang sama atau berbeda. Router adalah sebuah alat untuk mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet untuk dapat menuju tujuannya, proses tersebut dinamakan routing.

3. Access Point

Access Point
source: www.currys.co.uk
Access Point merupakan perangkat keras jaringan komputer yang digunakan untuk memancarkan sinyal wifi dan melakukan manajemen data dengan mengizinkan atau menolak sebuah perangkat yang ingin masuk, misalnya smartphone, laptop, dan lainnya.

4. Repeater

Repeater
source: www.m.dhgate.com
Repeater merupakan perangkat keras jaringan komputer yang berfungsi untuk memperkuat sinyal yang ditangkap dan akan dikirim kembali dengan pancaran sinyal yang lebih besar dan kuat.

5. Wajan Bolic

Wajan Bolic
source: www.tokokomputer007.com
Wajan Bolic merupakan perangkat keras jaringan komputer yang berupa antena parabolic yang terbuat dari alat penggorengan seperti wajan didapur. Wajan bolic berfungsi untuk menerima sinyal WiFi dalam jaringan wireless untuk menghubungkan suatu computer ke jaringan internet.

6. Switch

Switch
source: www.infolinkbd.com
Switch adalah perangkat keras jaringan komputer yang digunakan untuk penghubung antar komputer dalam jumlah yang banyak dengan menggunakan kabel LAN.

7. Hub

Hub
Source: Google image
Hub adalah perangkat keras jaringan komputer yang digunakan untuk penghubung antar komputer dalam jumlah yang banyak dengan menggunakan kabel LAN. Sama seperti switch, hanya saja hub tidak memiliki faslitas untuk melakukan routing.

8. Bridge

Bridge
source: mikro-tkj
Bridge merupakan perangkat keras jaringan komputer yang dapat menghubungkan jaringan LAN (Local Area Connection) dengan jaringan lokal yang lain. Bridge mempunyai kelebihan yaitu dapat menghubungkan tipe jaringan komputer yang berbeda seperti Ethernet dengan Fast Ethernet.

Belum ada Komentar untuk "8 Alat Jaringan Internet WAN (Penjelasan Singkat & Gambar)"

Posting Komentar

"Sebaik-baiknya netizen, ia yang memiliki adab berkomentar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel