4 Cara Memanfaatkan Domain untuk Bisnis UKM di Era Digital

4 cara memanfaatkan domain untum bisnis
Registrasikan nama domain Anda sekarang juga. Karena itu merupakan langkah awal Anda untuk membangun bisnis di era digital. Tujuannya adalah untuk mengklaim atas kepemilikan nama brand, nama perusahaan, dan nama produk idaman Anda sebelum didahului oleh orang lain. Sependek apapun domain Anda, itu merupakan nama yang kuat berpengaruh untuk bisnis Anda di internet.

Berikan saya sedikit waktu luang Anda untuk memahami sesuatu:

Mengintegrasikan bisnis Anda dengan media online itu bukan pilihan, tapi kewajiban. Namun, hal itu bukan berarti secara totalitas untuk menegasi keberadaan media konvensional bisnis offline Anda. Yang harus benar-benar Anda pahami adalah bagaimanakah Anda bisa mengintegralkan antara media bisnis "offline & online" Anda.

Pada tahun 2020 mendatang, Indonesia diprediksi mencapai 12 miliar transaksi e-Commerce. Hasil prediksi ini memberikan kisi-kisi peluang besar bagi bisnis offline Anda untuk sedikit bergeser ke bisnis yang "go-online".

Untuk terjun berbisnis dalam dunia internet bukanlah perkara yang mudah. Bukan hanya semata-mata mengintegrasikan keberadaan domain bisnis Anda dengan internet. Oleh sebab itu berikut ini adalah panduan untuk memudahkan Anda dalam memanfaatkan domain untuk bisnis Anda di era digital.
Cara 1

Membangun Website Perusahaan

Membangun website perusahaan
Membangun website adalah langkah pertama bagi Anda yang sudah meregistrasikan ekstensi domain. Berdirinya website tidak hanya memberikan citra positif pada bisnis Anda, website justru lebih membuat bisnis Anda tampak lebih profesional baik dimata konsumen, maupun pesaing merek bisnis Anda. Survey yang dilakukan pada tahun 2015 membuktikan, sebanyak 84% website lebih dipercayakan oleh konsumen dari pada bisnis yang hanya menghandalkan halaman media sosial.

Alasan Mengapa Anda Harus Membangun Website untuk Bisnis Anda

Pentingnya website untuk bisnis
Masih banyak pelaku wirausaha diluar sana yang menjalankan bisnisnya tanpa menggunakan media internet. Salah satu alasan yang familiar didengar adalah "buat apa pakai internetan segala, sedangkan bisnis ini tidak besar? Cukup buka usaha di area strategis dan tunggu saja orang-orang berdatangan untuk membeli barang-barang ini". Ini adalah kesalahpahaman.


Wujud dari website tidak hanya menampilkan wajah bisnis Anda dari sabang sampai merauke, website membantu memudahkan pekerjaan Anda dalam berbagai proses konvensional bisnis offline Anda. Antara lainnya adalah memudahkan Anda melakukan pemasaran dalam ruang lingkup global, memudahkan pelanggan Anda melakukan eksplorasi produk yang diinginkan, bisa di akses dimanapun-kapanpun, memudahkan proses intruksi layanan E-Pay (electronic payment), dan masih banyak lainnya yang pasti menunjang kenyamanan Anda dalam berbisnis.

Pernahkah Anda mendengar konsep IoE? Internet of Everything (IoE) konsep yang menyatukan orang, proses, data, dan hal-hal untuk membuat koneksi jaringan yang lebih relevan dan berharga dari sebelumnya. Konsep ini mengubah informasi menjadi tindakan yang menciptakan kemampuan baru, pengalaman yang lebih kaya, dan kesempatan ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk bisnis, individu, dan negara-negara. Internet adalah segalanya dan internet membutuhkan media seperti website untuk dapat menjalankan fungsinya. Adapun alasan utama mengapa Anda memerlukan website untuk bisnis Anda di era digital seperti saat ini adalah untuk "melebarkan sayap bisnis Anda dan go-online!".

Bila dilihat dari segi kemampuan website, mustahil bila Anda dapat membangunnya dengan dana yang kecil. Tapi tahukah Anda, bahwa dengan membangun website dengan kemampuan yang bahkan lebih powerfull seperti yang disebutkan sebelumnya bisa dibangun dengan harga yang sangat murah?

Buat Website mah Semudah Buat Kopi Bro!

Anda bisa memanfaatkan web builder dari Rumahweb. Apabila Anda tidak memiliki pengalaman ataupun Anda tidak mau repot-repot membuat website dari awal, Anda bisa meminta bantuan oleh tim web builder Rumahweb.

Web builder idak hanya mudah digunakan, bahkan Anda hanya membutuhkan waktu pengerjaan selama 48 jam saja untuk "go-online". Hal-hal yang perlu Anda persiapkan antara lain sebagai berikut:


Materi sudah Anda siapkan
Bahan untuk Materi website
Mengirimi konten / materi website yang telah Anda susun. Website Anda akan meluncur dalam 48 jam.
Brosur / materi lainnya untuk ditulis kedalam website
Brosur atau materi lainnya
Tim Rumahweb akan bantu Anda aplikasikan konten dari brosur yang telah Anda miliki ke dalam website.
Belum punya materi
Belum punya materinya?
Jangan khawatir, tim Rumahweb siap bantu Anda menulis konten untuk website yang akan dibuat.

Kualitas Oke dengan Harga yang Oke!

Bila Anda berpikir bahwasanya membuat website bisnis itu seharga lebih dari lima ratus ribuan, maka Anda salah. Anda bisa membangun website bisnis dengan spesifikasi yang baik hanya sekitar 50-150 ribuan.

Website yang profesional bisa Anda dapatkan di Rumahweb. Tim Rumahweb akan berupaya website Anda bisa dengan mudahnya mendapatkan peringkat #1 di Google dan mesin telusur lainnya.
CARA 2

Memiliki Akun Email yang Profesional dengan Domain Brand Perusahaan

Memiliki akun email yang profesional dengan domain brand perusahaan
Email sangat diperlukan oleh perusahaan untuk berkomunikasi antar karyawan maupun konsumen. Tahukah Anda? Domain perusahaan Anda juga dapat aplikasikan untuk alamat akun email. Alamat email yang sama dengan merek domain perusahaan membuat bisnis Anda lebih kredibel dalam melakukan komunikasi dengan konsumen. Hal ini dibuktikan dengan hasil survey oleh verisign yang mennyatakan bahwa sebanyak 74% konsumen lebih mempercayakan email yang bermerek perusahaan dari pada email yang tersedia gratis untuk umum, seperti Yahoo! dan Gmail.

Jika sampai saat ini perusahaan bisnis Anda belum memiliki website, maka Anda bisa memanfaatkan web builder yang sebelumnya sudah dibahas. Rumahweb sebagai penyedia fasilitas hosting Indonesia yang berkualitas untuk website UKM Indonesia, Rumahweb juga menyediakan pembuatan alamat email Anda dengan domain perusahaan sendiri dengan harga yang murah.

Kenapa Menggunakan Email yang Berbayar, Sedangkan yang GRATIS Tersedia untuk Anda?

Email profesional
Saat ini hampir seluruh perangkat aplikasi membutuhkan otorisasi akun email. Jadi bisa dikatakan bahwa, setiap orang yang memiliki gadget smartphone maupun PC memiliki akun email pribadi. Tapi, apakah dengan strategi email marketing dengan alamat akun yang gratisan bisa menunjang kredibilitas bisnis online Anda? Saya rasa tidak juga. Karena ada sebanyak 92% suara konsumen yang menyetujui bahwa bisnis yang memiliki alamat akun email dengan domain perusahaan dapat lebih dipercayakan [Survey UKM internasional / 2013]. Walaupun pada awalnya tidak terlalu signifikan berdampak pada bisnis Anda, ada pertimbangan yang lebih besar dari hanya sekedar alamat email yang sama dengan domain perusahaan. Hal ini berkaitan dengan proyek pembangunan kredibilitas dan branding merek bisnis Anda kepada konsumen, yang pada dasarnya yaitu ketika perusahaan Anda melakukan sponspor / promosi pada lahan sosial media.

Selain itu, ada beberapa manfaat lainnya yang menunjang kenyamanan Anda dalam berbisnis yang antara lainnya adalah:

  1. Impresi pertama dengan reputasi bisnis perusahaan yang Anda miliki
  2. Membangun relasi yang kuat antar perusahaan dan konsumen
  3. Selain mempunyai alamat email yang sama dengan brand perusahaan, email yang berbayar lebih terarah
  4. Server sendiri, memungkinkan Anda memiliki lalu lintas komunikasi yang lancar, kapasitas yang besar, dan yang terpenting adalah keamanan data perusahaan yang disimpan pada server
  5. fleksibel, berbagai fitur istimewa yang tidak Anda dapatkan pada email gratisan
CARA 3

Branding Bisnis dengan Halaman Media Sosial

Branding bisnis dengan halaman media sosial
Media sosial adalah cara alternatif bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk membangun website. Media sosial tidak menutup kemungkinan bisnis perusahaan Anda tidak mendapatkan traffic konsumen, malah sebaliknya. Tapi apakah dengan menggunakan medsos, penjualan Anda bisa efektif? Berikut ini saya jelaskan kepada Anda.

Setiap pemilik gadget smartphone rata-rata memiliki akun sosial media untuk berkomunikasi ataupun hanya sekedar melihat status postingan dan info dari penjuru dunia. Diantara media sosial saat ini yang populer dikalangan masyarakat umum adalah Facebook, Instagram, Twitter, dan Youtube. Tentu menjadi tantangan bagi bisnis Anda untuk memulai pemasaran produk dengan akun yang baru. Karena sudah sejak lama, para wirausahawan berkompetisi untuk menjadi perusahaan yang memiliki strategi yang efektif di media sosial. Entah itu strategi B2C (Business to Consumer) maupun B2B (Business to Business).

"Kunci berbisnis di medsos adalah visibilitas". Bagaimana maksudnya Bro? Begini:

Visibilitas produk berarti "tampak/dilihat" oleh pengguna medsos. Berarti yang perlu perusahaan Anda targetkan adalah "Brand Awareness". Hal itu tidak mengharuskan Anda untuk memiliki followers / pengikut yang banyak. Akan tetapi, akurasi kontenlah yang perlu Anda pertimbangkan. Karena sejatinya, bisnis yang bergerak di medsos itu memerlukan BIG CONSISTENCY (konsentrasi besar) dalam SETIAP postingan produk. Kemudian, apa-apa saja yang perlu perusahaan Anda perhatikan dalam meningkatkan performa branding medsos solution sembari Anda mempertimbangkan untuk membangun website? Simak penjelasan berikut.

Media Sosial sebagai Branding Merek Bisnis untuk Konsumen Potensial

Medsos sebagai lahan branding
Saya sebutkan sebelumnya, bahwa brand awareness itu tidak mengharuskan Anda untuk memiliki pengikut halaman bisnis medsos Anda. Apa sih sebenarnya yang saya maksudkan?

So like this bro, tahukah Anda bahwa saat ini pengguna media sosial di Indonesia sendiri sudah mencapai angka 150 juta atau 56% (setengah) penduduk jiwa. Apakah dengan jumlah sebanyak itu Anda bisa memasarkan produk Anda paling tidak 5% saja? Tentu bisa!

Sebelum itu saya ingin mengenalkan Anda dengan yang namanya "algoritma". Algoritma adalah upaya pemilahan konten yang dilakukan oleh tiap penyedia platform media sosial. Semakin baik konten Anda berinteraksi, semakin baik pula tingkat popularitas / rank konten Anda. Dengan meningkatnya traffic Anda, maka Anda akan mendapatkan pengikut dan pelanggan potensial yang akan berkembang seiring berjalannya bisnis Anda.
CARA 4

Mengadakan Kompetisi untuk Eksistensi Perusahaan

Mengadakan Kompetisi untuk Eksistensi Perusahaan
Bila Anda memperhatikan perusahaan besar yang gencar-gencarnya di medsos pada akhir-akhir ini, mereka sering melakukan kampanye seperti ajang lomba yang bertujuan untuk mengenalkan merek produk terbaik bisnisnya. Hal ini terbilang cukup efektif, karena Anda tidak perlu bersusah payah untuk mengenalkan bisnis Anda sendiri. Ajang lomba yang bisa Anda realisasikan, seperti lomba blog ataupun video kreatif tentang tema yang sama dengan bisnis perusahaan Anda. Tapi jangan lupa untuk menyertakan hadiah menariknya ya! Heee... 🤗
Blog competition
Disclaimer: This post, for blog competition and your business knowledge. Thanks for Rumahweb.

22 Komentar untuk "4 Cara Memanfaatkan Domain untuk Bisnis UKM di Era Digital"

  1. Ya jaman sekarang berbisnis tanpa website seperti aku tanpamu butiran debu.
    Hilang di rimba persaingan bisnis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener lho Bang Day, karena website memegang peranan vital pada bisnis UKM di era digital.

      Banyak para calon konsumen yang mencari spesifikasi dan rincian detail produk yang ingin dibelinya..

      Nah, disitu ada kesempatan bagi para product publiser.. Tidak hanya menampilkan spesifikasi saja, namun ia juga menjual produk tersebut..

      Hapus
  2. Ingin punya juga, tapi kalau untuk online shop awal.. memang membangun itu butuh budget :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo memulai di Rumahweb Mbak Laili.

      Mahal? Saya rasa tidak untuk para pebisnis UKM maupun individu. Harganya seperti beli kuota 32 Gb aja, sekitaran 49.000, - 149.000,- + PPN.

      Itu untuk membangun website, ditambah domain dan lainnya.. Hanya menghabiskan sekitar 350 ribuan saja..

      Hapus
  3. Dari kmarin sy masih maju mundur pingin beli domain, tp masi bingung pengen beli hosting jg, namun sebenernya sy cukup pusing klo mawi ada acara memindahkan blog...pdhl sy uda disemangatin segera didomainkan, suami bilang perusahaan sekelas apapun skrg uda ada webnya, harusnya blog aku juga uda mnuju dotcom, walau msh galau aslik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali apa yang dikatakan sama suami Mbak Anita, saat ini para pengusaha kecil (UKM) sudah banyak yang memanfaatkan website sebagai tempat untuk brandingnya dan/atau hanya sekedar untuk informasi bisnis perusahaan.

      Ayo mulai di Rumahweb Mbak. HANYA 19Rb/Bulan!, tersisa 8 hari dari hari ini.

      Apa yang didapatkan?
      • 1GB storage space
      • UNLIMITED traffic
      • UNLIMITED email account
      • 2 add-on domain
      • UNLIMITED MySQL/MariaDB
      • WEEBLY website builder gratis
      • SSL Certificate gratis

      Saya juga nyemangatin mbak nih buat didomainkan website/blognya.

      Galau karena mahal? Lah, saya yang masih sekolah aja bisa kok nabung buat domain .ID yang (250.000,-).. Hehe, tunggu apa lagi Mbak? Cus, go-domain!!

      Hapus
  4. Setuju sekali dengan uraian atau pendapat artikel diatas.
    Walau sudah punya media sosial, khususnya saat ini yang trend adalah IG
    Punya website itu sebuah keharusan.
    Saya pun lebih percaya website darpada pajangan di media sosial

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul itu Bro Djangkaru! Kalau temen-temen aktivis Insta-to-the-gram pasti pernah liat Iklan yang menarik di feed / story, yang dimana saat itu para pengiklan memanfaatkan platform ramai tersebut untuk pemasangan iklannya yang akan diteruskan ke halaman website.

      Teknik yang menarik untuk dicoba!

      Hapus
  5. memang bener bgt, kl punya bisnis biar maksimal kudu punya website. apalagi di era digital kaya sekarang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisnis itu penting, branding itu penting, lahan internet itu penting..

      Dimana kita bisa memaksimalkan ketiga point tersebut?

      Yakni, mengintegralkannya di WEBSITE. 🔥

      Hapus
  6. Memang diakui punya website untuk bisnis itu penting, lagian kalau dipikir - pikir kalau pake website lebih mudah dan murah ketimbang sewa toko.. tapi yah gitu, kalau mau bikin harus jelas goal nya mau kemana, kalau engga yah mungkin gagal juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu, saya juga lari merintis, tapi belum punya stock barang yang mau digolkan

      Hapus
    2. Yap! Sudah jadi kewajiban pelaku wirausaha untuk menentukan jalan bisnis perusahaan yang akan dikendarai..

      Di era 4.0 ini, kreatifitas dalam mengemas bisnis sangat diperlukan..

      Percuma saja bila memiliki perusahaan besar, akan tetapi tidak memiliki visi dan berorientasi pada masa depan perusahaan..

      Hapus
  7. Artikel yang bagus. Memang sudah menjadi kewajiban bagi pelaku usaha (apalagi yang online) punya website sendiri. Justru toko fisik menjadi tidak menjadi prioritas lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah..

      Betul Pak Vicky, masyarakat Indonesia khususnya pada saat ini menggunakan smartphone tidak hanya untuk berkomunikasi dan bertukar informasi saja..

      Popularitas dari sebuah produk yang ada di platform strategis sewaktu-waktu akan mempengaruhi mereka untuk menjadi trafik konsumen..

      Nah, kalau membedakan antara perusahaan offline dan online secara kasat mata memang lebih baik yang online.. Akan tetapi, secara kebijakan hukum.. Lebih baiknya perusahaan tersebut, terdaftar CV atau PT. serta SITU/SIUP/NPWP dan saudaranya yang lain.. Supaya, pelaku bisnis bisa meminimalisir insiden yang tidak diinginkan, dan bisnis pun tetap bisa dijalankan secara offline..

      Intinya adalah mengintegralkan kedua aspek tersebut, memaksimalkan keduanya..

      Hapus
  8. Keren banget sih artikelnya, warna-warni gitu, enak bacanya😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, cuma memanfaatkan skill dasar pemograman aja 😊

      Hapus
  9. Banyak sekali ya transaksi e-commerce nya di tahun 2020. Mengolah bisnis jadi harus semakin kreatif nih, persaingan semakin ketat

    BalasHapus
  10. betul banget. jaman sekarang berbisnis gak cukup pakai media sosial aja. harus banget punya website untuk memperluas target pasar. selain itu juga bisa meningkatkan kepercayaan konsumen.

    BalasHapus
  11. Saya punya 20an domain nih hehehe
    emang kerjaan saya lol

    BalasHapus
  12. Kalo udah niat jualan onlien mah jangan tanggung-tanggung. Jadi hasilnya bisa memuaskan. Apalagi teknologi udah berkembang kaya sekarang. Bikin blog atau website buat usaha itu sebenernya sedang membangun image. Makanya totalitas aja bikinnya.

    BalasHapus

"Sebaik-baiknya netizen, ia yang memiliki adab berkomentar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel